Breaking News
Loading...
Jumat, 12 November 2010

Hakikat Keyakinan Para Pemuji

Jumat, November 12, 2010
Rasulullah bersabda :

لا تطروني كما أطرت النصارى ابن مريم

"Jangan berlebih-lebihan kalian memujiku, seperti umat nasrani yang berlebih-lebihan memuji (Isa) Ibnu Maryam".
Hadits ini adalah diantara dalil-dalil yang dijadikan mainan oleh kelompok ekstrim. Mereka membelokkan makna hadits dan memberikan penafsiran tidak sesuai dengan kenyataannya dan meletakkan hadits ini tidak pada tempatnya. Apa yang mereka lakukan hanyalah untuk membackup kehendak dan tujuan buruk mereka, karena benci, dan dengki kepada para pemuji Majikan seluaruh makhluk, penyejuk setiap mata, pemimpin kaum bertauhid, utusan penguasa alam semesta, Nabi teragung, Muhammad Sallallahu Alaihi wa sallam.
Yang mendorong mereka untuk melakukan hal ini adalah kebodohan mereka dalam memahami hadits di atas. Mereka berkesimpulan dari hadits di atas, tentang adanya pelarangan memuji Rasulullah dan menganggap perbuatan memuji sebagai bagian dari sifat berlebih-lebihan yang akan berakibat pada kemusyrikan. Mereka juga berkesimpulan bahwa setiap pemuji nabi dan dan upaya pengangkatan Nabi kepada derajat yang lebih tinggi dari pada umumnya manusia, serta memberinya sifat-sifat yang berbeda dengan manusia yang lain, adalah perbuatan bid'ah dan menyimpang dari sunah.
Inilah pemahaman yang buruk dan menunjukkan kepicikan pandangan mereka, karena dalam hadits di atas, nabi hanya melarang kita memujinya sebagaimana umat Nasrani memuji Nabi Isa bin Maryam dan mengatakan dia adalah anak Allah, dan makna hadits yang benar adalah, barang siapa memuji Rasulullah dan memberinya sifat seperti apa yang diperbuat umat Nasrani, maka ia sama seperti mereka.
Adapun orang yang memuji dan memberinya sifat yang tidak mengeluarkan nabi dari hakikat kemanusiaanya disertai keyakinan bahwa ia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, menjauhkan diri dari keyakinan umat Nasrani, maka tidak diragukan lagi ia adalah orang yang sempurna dalam bertauhid.
Kami kalangan para pemuji Rasul, yang bernyanyi dan berdendang tentang pujian terhadap Rasul, berkeyakinan bahwa Rasulullah SAW adalah manusia, dan mungkin baginya apa yang mungkin dialami oleh manusia yang lain, seperi sakit dan lain-lain yang tidak mengakibatkan kemerosotan derajatnya. Pengarang "Aqidatul Awam" mengatakan:
وجائز في حقهم من عرض * بغير نقص كخفيف المرض
"Jaiz bagi mereka (para Rasul) adanya hal-hal baru (yang bersifat manusiawi) dengan tanda mengurangi derajat mereka, seperti sakit yang ringan".
Rasulullah adalah hamba Allah yang tidak mempunyai manfaat dan bahaya bagi dirinya, tidak bisa menghidupkan, tidak bisa mematikan dan tidak bisa membangkitkan. Allah berfirman yang artinya : "Katakan wahai Muhammad!, Aku tidak memiliki manfaat dan bahaya untuk diriku sendiri, kecuali apa yang dikehendaki Allah. Andaikata aku mengetahui perkara ghaib, aku akan berusaha memperbanyak kebaikan, dan tidaklah keburukan menimpaku. Aku hanya seorang yang menakut-nakuti dan memberi kabar gembira". (QS. Al-A'raf: 188)
Kami juga berkeyakinan bahwa beliau telah menyampaikan risalah, menyampaikan amanah, memberikan nasihat kepada umat, dan berperang di jalan Allah, hingga datang keyakinan dan kembali kepangkuan Allah dalam keadaan rida dan diridai. Allah berfirman, "Sesungguhnya kamu (Muhammad) akan mati dan mereka (juga) akan mati".
Allah dalam ayat lain berfirman, "Tidaklah aku ciptakan keabadian bagi manusia sebelum kamu. Jikalau kamu mati, adakah mereka tetap hidup (abadi?".
Kami berkeyakinan bahwa meskipun nabi telah mati, namun keutamaan dan derajatnya abadi di sisi Tuhannya. Hal ini tidak diragukan lagi bagi orang yang beriman. Meskipun derajatnya luhur dan martabatnya agung, ia hanyalah seorang makhluk, tida bermanfaan dan berbahaya, tanpa adanya Allah dan tanpa izinnya.
Allah berfirman, "Katakan wahai Muhammad!, Aku hanyalah manusia seperti kalian, hanya saja aku diberi wahyu. Dan Tuhan kalian adalah Tuhan yang maha esa".
Kami dengan rahmat Allah, tahu apa yang wajib bagi Allah, apa yang wajib bagi Rasul. Kami juga tahu mana yang murni untuk Allah dan mana yang murni hanya untuk Rasul, tanpa berlebih-lebihan dan pemujian yang sampai pada pemberian sifat yang melampaui batas.
Adapun berlebih-lebihan dalam memuji, mematuhi dan bergantung kepadanya, sebenarnya sangat dianjurkan, berdasar hadits yang diatas. Makna hadits yang sebenarnya adalah bahwa berlebih-lebihan dalam memuji selama tidak seperti umat Nasrani, adalah perbuatan terpuji. Jika makna hadits tidak demikian, maka maksud hadits adalah pelarangan pemujian secara mutlak.  Padahal hal ini tidak pernah dikatakan oleh orang yang paling bodoh diantara orang-orang yang bodoh. Karena Allah SWT, di dalam Al-Qur'an mengagungkan Rasul dengan bentuk pengagungan yang tinggi dan memerintahkan kita untuk mengagungkannya. Tetapi, kita tidak boleh mengagungkan dan memujinya dengan sifat-sifat ketuhanan.
Puji-pujian terhadap nabi semuanya menyiratkan hakikat ini, jelas bagai sinar matahari menyinari bumi di tengah hari. Wallahu A'lam.

Sumber : Kitab Al-Madh An-Nabawi Karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, 7-10
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer